Monday, July 04, 2005

Kotak Ajaib

Salam untuk semua...

Sudah lama orang berbicara tentang posmo. Sebuah gambaran dunia pasca modern yang penuh warna: cepat, simulatif, virtual dan serba ada. Yasraf A Piliang menggambarkan fenomena ini dengan sangat baik dalam bukunya: Sebuah Dunia yang Dilipat. Dunia kemudian bisa dilipat hanya seukuran layar televisi. Untuk mewakili kelengkapan, kotak komputer yang tersambung dengan dunia maya boleh jadi adalah wakil terbaik. Kalau tak percaya, klik saja google.com dan anda bisa menemukan apa saja yang anda cari.

Belum lama, Thomas L. Friedman penulis kolom beken peraih tiga kali penghargaan Pulitzer itu, meluncurkan bukunya: The World is Flat. Ia menegaskan bahwa saat ini kita sedang hidup di gelombang ketiga globalisasi. Kalau di gelombang pertama pemainnya adalah negara; gelombang kedua adalah perusahaan multinasional, maka pada gelombang ketiga, aktor utamanya adalah individu-individu. Aplikasi sistem kerja yang tersambung dalam jaringan internet memungkinkan orang untuk berkerjasama lintas batas. Maka penulis ini mengingatkan orang Amerika bahwa kalau anda tidak waspada boleh jadi ke depan pekerjaan anda diserobot orang Cina atau India yang mulai menunjukkan mobilitas yang luar biasa.

So, konsep individu adalah pusat betul-betul mendapat tempat di dunia ini. Setiap orang bebas menebar paham, prinsip, nilai atau bahkan barang dagangan untuk bertarung dalam kompetisi terbuka yang tanpa batas. Siapkah kita menghadapinya dengan isi kepala, keberanian dan tanggung jawab?. Untuk itulah, kita --atau pasnya: saya-- perlu belajar. ayo kita berbagi disini.

Salam persahabatan,

Dedy W. Sanusi

No comments: