Monday, January 07, 2008

Obama

Bintang baru bersinar terang di jagat politik Amerika. Obama. Ya Barack Obama. Senator muda (46) yang disebut media sebagai berkharisma, punya senyum menawan dan orator ulung. "Harapan" dan "Perubahan" adalah dua kata yang diusungnya untuk memikat hati pemilih Amerika.

Hari-hari ini, sampai nanti puncaknya di Bulan November, dunia akan disuguhkan pentas menarik demokrasi Amerika. Banyak orang di dunia memperhatikannya karena Amerika, bagaimanapun, masih sangat mempengaruhi dunia.

Kalau nanti Obama terpilih menjadi presiden Amerika, maka ia memberikan banyak sekali inspirasi. Ia akan menjadi orang hitam pertama sebagai Presiden Amerika, masih relatif muda, tidak berasal dari keluarga yang sebelumnya berkuasa (sebagaimana Bush dan Clinton).

Harapan dan perubahan memang boleh menjadi milik siapa saja. Itulah indahnya demokrasi. Moga-moga saja dunia politik Indonesia segera melahirkan tokoh-tokoh segar yang betul-betul menjasadkan perubahan ke arah yang lebih baik, bukan hanya dalam kata-kata, tapi dalam tindakan dan kenyataan.

Bukankah demokrasi sudah bersemi dan menjadi kebanggaan baru di negeri kita, Indonesia tercinta?

No comments: